<=========================> TAHUN DEPANNYA JADI PEJABAT <=========================> SEKOLAHLAH YANG TINGGI DULU <=========================> JANGAN LUPA MEMBELI TOMAT <=========================> KAKEK PERGI MEMBELI PALU <=========================>

Minggu, 28 Oktober 2012

Belajar Mudah


Matematika, yap… itulah pelajaran favoritku saat ini. Sebenarnya pelajaran favoritku ganti-ganti sih, tergantung materi yang dipelajari dikelas pada waktu itu, misalnya waktu baru kenal biologi jadi fansnya biologi tapi begitu masuk di materi pengelompokkan makhluk hidup (yang monera, protista, dkk) minat langsung anjlok :D, langsung lari deh ke fisika. Senasib dengan Biologi, minat terhadap fisika juga langsung anjlok ketika masuk ke materi Usaha, Daya, dan Kuasa (kan banyak itu rumusnya, berhubungan lagi semua -_-a), setelah fisika baru deh lari ke matematika.


Entah kenapa matematika tetap bertahan sampai sekarang. Padahal dari yang sebelumnya yang ini yang paling ribet, kalau lagi gak mood tiba-tiba jadi susah soalnya tapi jika lagi semangat-semangatnya tahu-tahu soal yang tadi jadi gampang (nah lo ??).  Ternyata itu adalah salah satu dari beberapa cara mempermudah belajar matematika. Cara – cara lain yang sudah saya temukan sendiri (serius dapat sendiri) adalah sebagai berikut :

1.     Usahakan lagi goodmood
Nah udah jelas bangetkan yang ini, kalau lagi badmood kita gak bakalan bisa fokus terhadap pelajaran, terlebih matematika yang memerlukan tingkat fokus yang cukup tinggi.

2.     Jangan Dibuat Susah
Kalo yang ini agak sulit dijelaskan, intinya didepan kelaskan guru kita menjelaskan sejumlah rumus yang panjang nan sulit dihapal. Nah disitulah tips ini berguna, kita tinggal menghapal rumus yang pertama dan tahap-tahap yang kita anggap sulit saja. Yang lainnya tak usah dihapal, tak dipedulikan juga tak apa karena kita tinggal mengikuti arus dari rumus pertama itu saja.

3.     Jangan Belajar Sendirian
Yang ini juga cukup jelas, jika kita belajar sendiri kita tidak bisa bertanya kepada siapapun jika kita tidak mengerti suatu rumus. Seperti kata pepatah “2 lebih baik daripada 1, dan 3 lebih baik daripada 2” (itu benar kan?).

4.       Usahakan Memiliki Minimal 1 Buku Paket
Kalau yang ini sih tak boleh dilupakan, karena kita tak mungkin bisa belajar jika tak ada buku yang berisi materi apa yang harus kita pelajari. Buku apa saja asalkan itu buku matematika bisa dipakai, isinya tetap sama kok (1+1=2 gak bakal berubah dibuku manapun).

Sekian Tips dari saya, kalau mau terapkan silahkan terapkan sendiri dan jangan lupa untuk meninggalkan komen jika ingin menerapkannya. Sampai ketemu dipostingan yang berikutnya ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar